Home / Info Jogja / Pasar Sentul, Sentra Jagung di Jogja

Pasar Sentul, Sentra Jagung di Jogja

SLEMAN-Mencari jagung, sebagian besar orang Jogja akan merujuk ke Pasar Sentul. Pasar yang berlokasi di Jalan Sultan Agung tak jauh dari Pura Pakualaman ini memang telah dikenal sejak lama sebagai sentra jagung.

Jagung memang tidak hanya dipasarkan di pasar ini saja. Berbagai kebutuhan warga juga dapat dijumpai di pasar tersebut. Hanya saja, komoditas jagung banyak dipasok ke Pasar Sentul. Setiap harinya, pasar yang berada di tengah kota ini selalu didatangi beberapa truk yang memasok ribuan biji jagung.

“Jagung-jagung ini dipasok dari Jatinom, Klaten. Dipasok setiap siang, sekitar pukul 11.00 WIB,” ujar Uci salah satu pengepul jagung mentah di Pasar Sentul, Selasa (21/2/2017).

Uci mengungkapkan sudah sejak lama pasar ini selalu dipasok jagung dari luar Jogja. Sehingga, banyak orang atau pedagang yang menjadikan Pasar Sentul sebagai tempat untuk membeli jagung mentah dalam partai banyak. Berbagai jenis jagung dapat diperoleh di pasar ini.

Menurut Uci, di hari biasa seperti saat ini, jumlah jagung yang dipasok tidak banyak. Biasanya, penjualan jagung mentah di Pasar Sentul akan ramai di akhir tahun atau saat perayaan Tahun Baru.

“Kalau akhir tahun, bisa dipasok sampai sepuluh truk sehari. Rata-rata satu truk berisi 5.000 sampai 7.000 jagung,” ujar imbuh Uci.

Dulunya, dalam satu hari pasar ini bisa dipasok jagung sebanyak dua kali, yakni setiap siang dan sore hari. Sayangnya, seiring lesunya pembelian jagung, sekarang hanya dipasok satu kali dalam sehari, yakni setiap pukul 11.00 WIB.

Ratri, pedagang jagung bakar mengatakan, setiap hari selalu membeli jagung di pasar ini. Pasalnya, jika membeli jagung mentah di pasar lain, perbedaan harga cukup banyak.

“Kalau beli jagung, ya, di Pasar Sentul, sudah dari dulu begitu. Kalau di pasar lain bisa selisih lumayan harganya,” ujar Ratri. (harianjogja)

Check Also

Paket Jogja Heboh Digeber, 28 Hotel Ambil Bagian

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta Istijab M. Danunagoro mengatakan Paket …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *