Home / Blog / Salah Satu dari 10 Warung Sate Ini Jangan Lupa Kamu Kunjungi Saat Jalan-jalan di Jogja

Salah Satu dari 10 Warung Sate Ini Jangan Lupa Kamu Kunjungi Saat Jalan-jalan di Jogja

1. Sate klatak Pasar Jejeran
Sate ini cukup lengendaris, berada di dalam pasar jejeran di daerah wonokromo pleret bantul, mengelar lapaknya di dalam pasar, buka hanya malam, Sebenarnya di sepanjang jalan Imogiri timur banyak yang jualan sate klatak, namun sate klatak yang berada di dalam pasar jejeran yang paling terkenal.Buka dari sehabis Maqrib dan kalau ramai jam 21.00 WIB sudah habis terjaul.

Sate klatak adalah sate kambing yang ditusuk menggunakan jeruji sepeda dan di bakar tanpa menggunakan bambu seperti sate pada umumnya. Daging kambing hanya di bumbui garam dan langsung di bakar. Potongan daging kambing juga agak besar dan di hidangkan dengan kuah gulai kambing sebagai pelengkap. Rasanya benar – benar terasa gurih dan dagingnya empuk. Apalagi di tambah kuah gulenya yang lezat dan beberapa potong cabi rawit membuat rasanya benar- benar mantap,Selain sate klatak yang mantap menu yang lain adalah tongseng dan gulai kambing.selain itu ada minuman teh hangat yang di sajikan ala poci membuat makan malam semakin nikmat.

2.Sate Pak Pong

Warung sate Pak Pong terletak di jalan Imogiri timur Km 10, atau timur stadion Sultan Agung.Untuk route Mudah nya dari perempatan ringrond terminal giwangan ke seletan sampai ketemu perempatan pasar jejeran, atau perempatan yang ada lampu merahnya. kemudian belok ke kanan atau ke barat, ikiti saja jalan besar nya. Warung sate Pak Pong berada di sisi kanan dan kiri jalan.

Hidangan racikan Pak pong terkenal kelezetan rasanya.  Daging empuk dan gurih. Bumbunya meresap ke dalam dan terasa pas di lidah.Untuk sate klataknya juga mantap Irisan daging nya empuk dan besar -besar dan tanpa potongan lemak. Menu yang lainnya adalah ; Sate kambing biasa, gule dan tongseng. Warung sate Pak Pong mulai buka dari jam 10 pagi sampai jam 23.00 WIB. Warung ini mulai ramai yaitu pas jam makan siang. Dan bila musim liburan tiba pembelinya berjubel, tidak hanya dalam kota saja, tetapi para pelancong yang sedang berlibur di jogja.

3.Lelung Jodok.

Warung ini beralamat di jalan Srandakan KM 1 Jodok Legi, pandak, Bantul. Tempatnya tidak sulit untuk di cari karena berada di pinggir jalan utama srandakan. Kalau route mudahnya lewat jalan Bantul, setelah sampai perempatan palbang ke kanan atau ke arah barat atau masuk jalan srandakan. Setelah melewati pertigaan yang ke arah gua selarong, pelan -pelan saja karena warung ini terletak di sebelah kanan atau utara jalan kira- kira 100 M dari pertigaan itu.

Lelung singkatan dari gulai balung. Dan Jodok adalah nama daerah warung tersebut.Aroma menunya di jamin membangkitkan rasa lapar.Walaupun barupa balungan [ tulang kambing ], tetapi jangan kuatir, karena potongan daging kambingnya masih banyak yang menempel.Kuahnya encer dengan bumbu yang khas meresap ke dalam daging dan balungan.
Menu gulai lelung di masak dengan cara tradisional di dalam pawon atau dapur menggunakan kayu bakar. Bumbu-bumbunya juga menggunakan bumbu tradisinal, sehingga menghasilkan rasa yang khas dan lezat.Warung ini buka dari jam 10 pagi hingga malam. Di hari- hari libur warung ini di serbu pembeli, apalagi di bulan puasa warung ini menjadi favorit untuk buka bersama.

4.Sate Petir Pak Nano

Warung ini beralamat di desa Tirtonirmolo no 90, Kasihan Bantul, Untuk route yang paling mudah dari perempatan ring road Madukismo ke barat( ke arah kampus UMY terpadu ), setelah melewati jembatan ambil jalur lambat. Warung sate Petir Pak Nano berada 100 m setelah jembatan di sebelah kiri jalan.

Warung ini sangat khas dan unik, Di namakan sate Petir karena rasa pedasnya serasa petir yang menyambar lidah.Jumlah cabai rawit yang di campur bumbunya tak tanggung-tangung.Pak nano membuat beberapa level untuk tingkat pedasnya.Dari tingkat TK yang tidak terlalu pedas, kemudain berjenjang ke level SD, SMP, SMA, D3, S1, S2,S3 dan tingkat yang paling pedas adalah level pendekar. Menu yang lain selain sate kambing adalah, tongseng daging, tongseng kepala, dan balungan atau tengkleng.Rasanya OK banget, dagingnya empuk dengan bumbu yang meresap.Racikan bumbu-bumbu tradisionalnya pada kuah tongsengnya juga sangat terasa.Tak heran bila pengunjungnya banyak yang antri

6. Sate Sapi Karang

Sate sapi Karang adalah sate sapi yang di sajikan dengan lontong dan kuah lodeh temp. Warung ini terletak di lapangan karang kotagedhe. kalau dari arah Gedong Kuning, lurus saja ke selatan memasuki wilayah kotagedhe.Pada pertigaan bank, belok ke kanan atau ke barat ikuti saja jalan itu sampai ketemu lapangan karang di sisi kiri jalan atau selatan jalan, di pinggir lapangan itu akan terlihat tenda warung sate karang.

Warung nya berupa tenda, tempatnya asik untuk bersantai dengan lesehan sambil menikmati suasana malam kotagedhe.Buka dari maqrib sampai larut malam.Dagingnya yang empuk dan gurih, di bakar dan di sajikan dengan kuah kacang yang kental, lalu sebagai pelengkap adalah sepiring lontong dengan kuah lodeh tempe yang enak rasanya.Porsinya mantab membuat anda bisa ketagihan.

7. Sate Sapi Pak Cipto

Warung ini terletak di pinggir jalan raya masuk ke kotagedhe.Alamat lengkapnya adalah jalan kemasan (depan BPD kotagedhe) jogja. Warung ini juga buka cabang di jalan Gedong Kuning.Warung Sate Sapi Pak Cipto masih saudara dengan sate sapi yang berada lapangan karang.Warung ini buka juga di malam hari. Menu yang di tawarkan masih sama dengan sate sapi lapangan karang yaitu sate sapi yang di sajikan dengan lotong dan kuah lodeh tempe. Dagingnya juga terasa empuk dan gurih bumbu yang meresap. Kuah lodehnya juga terasa segar.

8.Sate Kambing Pak Dakir

Warung ini terletak di tengah kota sehingga mudah untuk menemukanya, yaitu beralamat Jl. HOS Cokroaminoto, NO 75 Jogja. Atau berada di sekitar pasar klitikan. Atau kalau dari perempatan wirobrjan ke utara, warung ini berada di sebelah barat jalan.Warung ini menyediakan menu yang bervariasi. Selain sate kambing menu yang lain adalah gulai, tongseng, tengkleng dan sate klatak. Ada lagi menu spesial yaitu nasi goreng butet (Pliket).

Daging Satenya empuk dan gurih di sajikan dengan bumbu kecap yang di lengkapi dengan kol, tomat, dan bawang merah.jika anda suka pedas juga di sediakan cabe rawit. Rasanya benar-benar enak. Gurih daging kambingnya terasa sekali.Begitu pula dengan gulai balung ( tengkleng ), daging nya cukup banyak yang masih menempel di tulangnya. Warung ini buka mulai jam 17.00 sore sampai dengan jam 21.00. Setelah maqrib biasa nya mulai di serbu pembeli.Tempat nya tidak terlalu luas, namun peminatnya cukup tinggi jadi terkadang harus antri untuk mendapat tempat duduk.

10. Sate kambing Pak Parno

Warung sate Pak Parno berada di sisi selatan pasar lempuyangan, buka sekitar jam 17.00 sampai dengan larut malam. Pasar lempuyangan bila pagi dan siang ramai oleh pedagang. Namun bila malam hari pasar ini berubah menjadi pusat kuliner jogja.Di sisi selatan tampak lapak sate yang paling ramai di serbu pembeli, yaitu warung sate Pak Parno.

Beragam menu yang di tawarkan antara lain, sate bakar, sate goreng, tongseng, gulai, sate klatak dan nasi goreng kambing.Kelezatan sate Pak Parno tak perlu di ragukan lagi,rasanya betul- betul ok. Tak heran bila antrianya cukup panjang, bila anda kesana bawalah makanan dan minuman ringan sebagai penahan rasa lapar karena antriannya cukup panjang.

Check Also

Krakow, Kota Tua di Polandia yang Mirip dengan Yogyakarta

Duta Besar Polandia untuk Indonesia, HE Tadeusz Swumowski mendatangi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *