Bendung Tegal

Lokasi : Desa Kebon Agung, Kecamatan Imogiri

Bendung Tegal merupakan perpaduan alam yang masih alami dengan aliran sungai opak. Sungai opak sendiri merupakan sungai yang cukup panjang melintasi kabupaten Sleman dan Bantul, dan berhulu langsung dari gunung merapi, sungai ini batas alami dari kasultanan Surakarta dan kasultanan ngayogyakarta. Tentunya perpaduan antara  sungai dan alam yang masih alami dengan udara yang sejuk dan segar menjadi suatu harmonisasi yang sangat luar biasa yang bisa Anda dapatkan dibendungan tegal ini.

Wisata alam bendung tegal ini anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan, anda bisa menyewa kapal naga yang disewakan dipinggiran kali opak, anda akan diajak mengelilingi sungai opak disekitar bendungan tegal, tentu ini akan menjadi hal yang menyenangkan bagi keluarga anda, terutama bagi putra dan putri anda. Selain menaiki kapal anda juga bisa melakukan kegiatan memancing disini,tak jarang banyak orang yang datang ke bendungan ini hanya sekesar untuk memancing, tempat yang teduh dan air sungai yang tenang, tentu saja akan menjadikan kegiatan memacing semakin nyaman, dengan ditemani kicauan burung yang sering kali terdengan dari pepohonan yang masih asri.

 

Bendung dengan lebar, jarang sungai yang mempunyai track lurus dan lebar seperti sungai opak ini.tak jarang juga sungai ini dugunakan masyarakat tionghoa untuk merayak acara peh cun, peh cun adalah dialek hokian, yang perayaanya menggunakan acara perlombaan perahu naga. Dan bendung tegal pada tahun 2009 dan 2010 menjadi tuan rumah untuk pelombaan perahu naga, sebuah nilai plus dan terhormat untuk bendung tegal sendiri. Tidak dikenakan biaya apapun untuk masuk  ke bendung tegal, sesuatu yang harus coba, keindahan alam yang masih alami berpadu dengan sungai opak dengan segala keistimewaanya.

Leave a Reply