Wisata dieng

Berwisata tidak hanya ke semarang atau yogyakarta saja, ada lagi tempat yang menarik untuk di kunjungi  dan pesona wisatanya  yang lebih menarik dan menantang untuk terus di jelajahi baik wisata alamnya, serta sejarahnya dan perkembangan budayanya. Salah satu tempat wisata yang menarik adalah dataran tinggi Dieng. Kawasan dataran tinggi Dieng masuk dalam wilayah jawa tengah, Kabupaten Wonosobo. Tepatnya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Berikut tempat wisata yang wajib di kunjungi apabila anda ingin ke dataran tinggi dieng

Sunrise bukit Si kunir

Waktu yang tepat untuk melihat sunrise di bukit si kunir adalah pada musim kemarau ( antara Juli – Agustus ) saat langit jernih dan jarang turun hujan. Bagi yang belum pernah naik bukit Sikunir sebelumnya, ada baiknya saat pendakian ditemani oleh Guide lokal mengingat jalur pendakian yang terjal dengan jurang pada sisinya. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah baju hangat serta lampu senter atau alat penerangan lain untuk menerangi jalan saat mendaki. Matahari muncul biasanya jam 4.30.

Bukit Si Kunir terletak pada ketinggian 2.400 meter dari permukaan laut. Dan suhu udara di pagi hari berkisar antara 10-13 derajat celsius. saat kemarau bahkan bisa 4 derajat celsius.Itulah sebabnya anda harus mengenakan waterproof untuk menahan hawa dingin dan menjaga badan tetap kering. Bila menyewa mobil anda bisa menggunakan untuk melakukan separuh perjalanan dan bisa parkir persis sebelum jalan setapak menuju bukit.Setelah itu di lanjutkan dengan berjalan kaki, sebagian jalan ini sudah di pasang paving blok, namun supaya hati-hati karena banyak lumut. Semakin ke atas jalan nya semakin sulit karena hanya tanah selebar 50-100 cm. Dengan kondisi seperti itu maka bersiaplah untuk agak ngos-ngosan. Akhirnya setelah melakukan perjalan kurang lebih 20 menit maka terlihat di depan mata anda terbentang gunung Sindoro, Merbabu, merbabu dan gunung Merapi.

Kawah sikidang

 

Leave a Reply